Nama Elemen Data |
Capaian Pelayanan RSUD dr Soedirman |
Urusan |
Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan |
Konsep |
Capaian Pelayanan Rumah Sakit merujuk pada tingkat pencapaian target layanan kesehatan yang ditetapkan oleh rumah sakit, berdasarkan standar nasional maupun indikator kinerja internal (misalnya BOR, LOS, NDR, GDR, dll).
Capaian ini mencerminkan seberapa efektif, efisien, dan bermutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien selama periode waktu tertentu. |
Definisi |
Capaian pelayanan adalah persentase atau nilai indikator dari hasil pelayanan rumah sakit dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan (target nasional, daerah, atau internal rumah sakit). |
Jenis Elemen Data |
Variabel |
Alias |
Kinerja Pelayanan RS Realisasi Layanan Capaian Indikator RS Tingkat Pencapaian Mutu RS Evaluasi Pelayanan RS |
Referensi Pemilihan |
Permenkes No. 30 Tahun 2022 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Permenkes No. 11 Tahun 2017 tentang Indikator Nasional Mutu Indikator Akreditasi Rumah Sakit – KARS Renstra & RBA RSUD dr. Soedirman Peraturan Daerah/Kepala Daerah terkait R |
Referensi Waktu |
Bulanan: Pelaporan rutin Triwulan / Tahunan: Evaluasi kinerja Mingguan (opsional): Monitoring operasional Saat Audit/Akreditasi: Bukti capaian standar mutu |
Tipe Data |
Tipe Contoh Integer Jumlah kunjungan, tindakan, rawat inap Decimal 87.5%, 0.92, 3.2 Date Januari 2025, Q1 2025 Enum Status: Tercapai / Belum Tercapai Text Indikator, nama unit, sumber capaian |
Klasifikasi Isian |
Kategori Elemen
Wajib Nama indikator, nilai capaian, target, periode
Disarankan Satuan capaian, unit kerja, metode pengukuran
Opsional Penyebab gap capaian, rencana tindak lanjut, penanggung jawab
|
Kalimat Pertanyaan |
Apakah capaian pelayanan RSUD dr. Soedirman sudah sesuai target tahun 2025? Berapa nilai capaian indikator BOR pada triwulan II? Apa saja indikator pelayanan yang belum mencapai target? |