Nama Elemen Data |
Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Marketplace |
Urusan |
Urusan Pemerintahan Bidang Perdagangan |
Konsep |
Pemasaran produk dalam negeri melalui kemitraan dengan marketplace merupakan upaya mendorong pelaku usaha lokal untuk memasarkan produk secara digital melalui platform e-commerce yang bekerja sama atau difasilitasi oleh pemerintah, guna memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing produk. |
Definisi |
Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Marketplace adalah kegiatan memasarkan atau menjual produk-produk buatan dalam negeri (termasuk dari UMKM, industri lokal, atau pelaku usaha domestik lainnya) melalui platform digital atau marketplace |
Jenis Elemen Data |
Indikator |
Interpretasi |
Semakin banyak Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Marketplace menunjukkan semakin besar potensi pertumbuhan ekonomi digital dan perluasan pasar bagi pelaku usaha lokal. |
Metode/Rumus Perhitungan |
Pemasaran Produk Dalam Negeri melalui Kemitraan dengan Marketplace = jumlah pelaku usaha yang melakukan kegiatan Pemasaran Produk Dalam Negeri melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dll. |
Ukuran |
Kuantitatif |
Klasifikasi Penyajian |
Jenis produk, Jenis pelaku usaha, Wilayah, Platform/Marketplace, Periode waktu |
Indikator Komposit |
Ya |