Nama Elemen Data |
Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Retail |
Urusan |
Urusan Pemerintahan Bidang Perdagangan |
Konsep |
Kegiatan fasilitasi atau dukungan pemerintah kepada pelaku usaha dalam negeri untuk menyalurkan dan memasarkan produk-produknya melalui jaringan ritel modern dalam bentuk kemitraan bisnis, listing produk, atau skema promosi bersama. |
Definisi |
Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Retail adalah kegiatan memasarkan produk-produk buatan lokal melalui kerja sama antara pelaku usaha dalam negeri (terutama UMKM/koperasi) dengan jaringan ritel modern maupun tradisional untuk meningkatkan penggunaan, distribusi, dan aksesibilitas produk lokal di pasar domestik. |
Jenis Elemen Data |
Indikator |
Interpretasi |
Semakin sering kegiatan pemasaran produk dalam negeri melalui kemitraan dengan retail menunjukkan bahwa dukungan terhadap produk lokal semakin kuat dan distribusinya semakin luas di pasar domestik |
Metode/Rumus Perhitungan |
Jumlah Kegiatan Pemasaran Produk Dalam Negeri Melalui Kemitraan dengan Retail adalah jumlah pelaku usaha (UMKM) yang melakukan kegiatan Pemasaran Produk Dalam Negeri melalui Toko Swalayan Minimarket dan Supermarket di Kab. Kebumen |
Ukuran |
Kuantitatif |
Klasifikasi Penyajian |
Wilayah, Waktu, Tipe Retail, Jenis Produk, Pola Kemitraan |
Indikator Komposit |
Ya |