| Nama Elemen Data |
Pelayanan kesehatan penderita hipertensi |
| Urusan |
Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan |
| Konsep |
Pelayanan kesehatan yang diberikan kepada individu yang didiagnosis menderita hipertensi, meliputi pemeriksaan, pengobatan, edukasi, dan pemantauan tekanan darah guna mengendalikan kondisi dan mencegah komplikasi. |
| Definisi |
Serangkaian tindakan medis dan non-medis yang diberikan kepada penderita hipertensi, termasuk skrining, diagnosis, pemberian terapi obat, konseling gaya hidup sehat, dan pemantauan berkala tekanan darah |
| Jenis Elemen Data |
Variabel |
| Alias |
Layanan kesehatan hipertensi Pengelolaan pasien hipertensi |
| Referensi Pemilihan |
Memantau akses dan kualitas pelayanan bagi penderita hipertensi Menilai efektivitas pengelolaan hipertensi di fasilitas kesehatan |
| Referensi Waktu |
Dilaporkan per periode (bulan, kuartal, atau tahun) sesuai kebijakan |
| Tipe Data |
Numerik (jumlah pasien yang menerima pelayanan) ,Kategorikal (jenis layanan: pemeriksaan, pengobatan, edukasi, dll) |
| Klasifikasi Isian |
Jenis pelayanan: konsultasi, pengobatan, edukasi, monitoring tekanan darah
Tempat pelayanan: puskesmas, rumah sakit, klinik |
| Kalimat Pertanyaan |
“Berapa jumlah penderita hipertensi yang menerima pelayanan kesehatan pada periode ini?” “Jenis pelayanan apa saja yang diberikan kepada penderita hipertensi?” |