Nama Elemen Data |
Tujuan 4 Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua |
Urusan |
Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan |
Konsep |
Tujuan ini menitikberatkan pada penyediaan pendidikan yang bermutu, inklusif, dan merata untuk semua kelompok masyarakat, serta membuka peluang akses pembelajaran sepanjang hayat guna mendukung pengembangan potensi individu dan pembangunan sosial ekonomi yang berkelanjutan. |
Definisi |
Menjamin bahwa setiap anak, remaja, dan orang dewasa memperoleh pendidikan berkualitas yang adil dan merata tanpa diskriminasi, dengan menyediakan kesempatan belajar yang berkelanjutan, agar mampu mencapai potensi penuh dan berkontribusi pada masyarakat. |
Jenis Elemen Data |
Variabel |
Alias |
Pendidikan berkualitas dan inklusif, Pendidikan merata dan berkelanjutan |
Referensi Pemilihan |
Sustainable Development Goals (SDG) Target 4 – United Nations Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional |
Referensi Waktu |
Pengukuran dan pelaporan biasanya dilakukan secara tahunan berdasarkan data statistik pendidikan nasional dan survei terkait. Monitoring capaian dapat dilakukan juga secara triwulanan atau semesteran untuk program-program tertentu. |
Tipe Data |
Numerik (persentase, rasio, angka partisipasi, capaian) Kualitatif (indikator mutu pendidikan, inklusivitas, akses) |
Klasifikasi Isian |
Sangat Rendah: Capaian < 50%
Rendah: 50% – 69% |
Kalimat Pertanyaan |
"Bagaimana tingkat akses dan pemerataan pendidikan berkualitas di wilayah Anda?" |